Kamis, September 19, 2013

Mengatasi Asma Dengan Makanan Alami


Mengatasi asma tidak harus menggunakan obat tapi bisa juga dengan bantuan makanan alami. Asma sendiri adalah kondisi yang mana terdapat radang pada sluran napas dan sebagian besar dipicu oleh alergi. Dengan mengkonsumsi makanan alami ternyata sobat bisa terhindar dari asma atau bisa juga mencegah kambuhnya gejala asma.

Lalu apa saja makanan alami yang bisa mengatasi asma? Kali ini polahidupsehat ingin menghadirkan 8 makanan alami yang bisa memerangi asma.
pencegah asma
1. Alpukat
Alpukat mengandung konsentrasi tertinggi yaitu L-glutathione, yang merupakan makanan anti asma yang bisa melindungi sel, melawan kerusakan karena radikalbebas, dan juga detoksifikasi tubuh dari polutan dan juga zat berbahaya lainnya. Selain itu L-glutathione ini juga membantu peradangan quells sistemik dan memperbaiki kesehatan usus yang rusak, proses ini pada intinya dapat membantu mencegah pemicu asma.

2. Kubis
Semua pasti sudah pada tahu yang namanya Kubis, sering kali sayuran ini dijadikan lalapan sebagai pendamping dari pecel lele. Tahu, gak ternyata sayuran ini sangat bermanfaat sekali untuk memblokir radikal bebas yang bertanggungjawab terhadap kontraksi otot polos di saluran pernapasan yang terdapt di bagian dalam. Selain itu Kubis juga sumber fitokimia beta-karoten yang merupakan antioksidan kuat yang bisa mencegah dan menguragi gejala asma.

3. Bayam
Bayam berdasarkan sebuah penelitian yang melibatkan 68.535 wanita ditemukan bahwa asupan tinggi yang terdapat pada bayam berhubungan langsung dengan berkurangnya resiko asma. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C, beta-karoten,vitamin E dan juga magnesium.

4. Pisang
Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2011 oleh peneliti dari Imperial College London bahwa makan pisang setiap hari bisa menjauhkan sobat dari penyakit asma.Peneliti tersebut menemukan bahwa anak yang makan 1 pisang per hari ternyata mengalami penurunan resiko gejala asma seperti mengi hingga mencapai 34 persen.

5. Air
Mencukupi kebutuhan Air setiap hari mampu mencegah berkembangnya gejala asma. Karena umumnya kondisi orang yang terkena asma disebabkan oleh dehidrasi. Menurut para ahli gejala asma awalnya sebagai peringatan bahwa tubuh sobat membutuhkan air.

6. Jahe
Jahe ini memiliki khasiat yang lebih dibandingkan obat antihistamin seperti halnya Benadryl dalam membersihkan saluran udara dan juga menghentikan peradangan.Hal ini mungkin dikarenakan serat dan sifat antioksidannya mampu menjadi obat ampuh yang tidak menimbulkan efeksamping yang berbahaya.

7. Kunyit
Kunyit mengandung bahan aktif anti-inflamasi yang mana dapat mengatasi peradangan yang bertanggungjawab dalam hal pembengkakan paru-paru dankonstriksi saluran pernapasan ketika terkena serangan asma. Kunyit ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan juga mengendurkan otot,

8. Apel
Kandungan quersetin dalam Apel terbukti mampu meberikan perlundungan yang kuat terhadap asma. Dalam sebuah studi di eropa ditemukan bahwa wanita hamil yang makan 4 apel perminggunya dapat menurunkan resiko melahirkan anak asma sampai 53 persen.Bahkan anak yang minum jus apel memiliki resiko 50 persen lebih kecil kemungkinan terkenal gejala asma.

8 Makanan alami diatas berada di sekitar kita, dan biaya untuk mendapatkannya pun tidak terlalu mahal. Makanya agar kita terhindar dari asma ada baiknya mengkonsumsi 8 makanan alami diatas.

sumber : http://www.polahidupsehat.web.id

Tidak ada komentar: