Senin, Januari 25, 2016

4 Ayat dalam Al-Qur’an yang Bermanfaat Untuk Pelindung Diri

Al-Qur’an merupakan firman Allah yang berisi pedoman hidup manusia di dunia, dalam kitab suci ini juga terdapat 4 ayat perlindungan diri yang dapat diamalkan oleh setiap manusia. Setiap ayat dalam Al-Qur’an memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah sebagai perlindungan diri dari hal-hal yang buruk. Apa sajakah ke-4 ayat dalam Al-Qur’an yang bermanfaat untuk perlindungan diri?
4 Ayat dalam Al-Qur’an yang Bermanfaat Untuk Pelindung Diri
Al-Qur’an berisi kumpulan ayat firman Allah yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Ada 4 ayat yang dapat dijadikan sebagai doa perlindungan diri dari hal-hal yang buruk. Menurut Imam Ja’far As-Shodiq yaitu guru dari imam besar madzhab Hanafi dan Maliki berpesan bahwa ada 4 ayat dalam Al-Qur’an yang bermanfaat untuk pelindung diri dari hal-hal yang buruk. Apa sajakah ke-4 ayat itu? Berikut adalah 4 ayat sebagai pelindung diri:

1. QS. Al-Imran ayat 173
Imam Ja’far menjelaskan bahwa sungguh aneh jika setiap manusia tidak berlindung kepada firman Allah SWT. Dalam QS. Al-Imran ayat 173 Allah telah menyerukan kepada setiap manusia bahwa Allah SWT adalah pelindung bagi setiap hambanya dan tidak ada sebaik-baiknya pelindung kecuali Allah SWT. Dalam ayat selanjutnya yaitu QS. Al-Imran ayat 174 juga telah dijelaskan bahwa setiap manusia yang kembali ke jalan Allah dan meminta pertolongan kepada Allah akan terhindar dari segala bencana dan mendapat karunia dari Allah SWT. Semua bencana dan musibah merupakan rencana Allah dan hanya kepada-Nya lah kita harus berlindung dan meminta pertolongan. Inilah salah satu ayat pelindung diri dari makhluk halus yang dapat Anda amalkan.

2. QS. Al-Anbiya ayat 87
Sungguh aneh jika seseorang bersedih tetapi dia tidak meminta perlindungan kepada Allah SWT. Dalam QS. Al-Anbiya ayat 87 Allah telah menjelaskan kesuciannya dan tidak ada Tuhan selain Allah yang mampu menolong manusia dari segala bencana. QS. Al-Anbiya ayat 88 Allah telah menerangkan bahwa setiap manusia yang berdo’a kepada-Nya dengan sungguh-sungguh maka Allah akan mengabulkan do’anya dan menyelamatkannya dari kesusahan. Setiap kesedihan yang Allah turunkan kepada setiap manusia merupakan ujian dan hanya kepada Allah kita harus berserah diri.

3. QS. Ghofir ayat 44
Imam Ja’far merasa heran jika ada seorang manusia yang ditipu tetapi dia tidak meminta perlindungan kepada Allah, padahal dalam QS. Ghofir ayat 44 telah dijelaskan bahwa Allah maha melihat dan setiap manusia yang menyerahkan segala urusannya kepada Allah SWT akan memeliharanya dari segala kejahatan tipu daya yang dapat mengintainya. Hal ini juga dijelaskan dalam lanjutan ayat ini yaitu dalam QS. Ghofir ayat 45. Inilah ayat pelindung diri dan keluarga dari segala kejahatan tipu daya.

4. QS. Al-Kahfi ayat 39
Imam Ja’far merasa heran kepada seseorang yang giat mencari harta dunia tetapi tidak meminta pertolongan kepada Allah, padahal dalam QS. Al-Kahfi ayat 39 dan 40 telah dijelaskan bahwa semua isi dunia merupakan milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita harus meminta. Jika setiap manusia berdo’a dan meminta pertolongan Allah dalam mencari dunia maka Allah akan memberikan kemudahan dan pertolongan untuknya.

Demikian 4 ayat janji suci Allah SWT sebagai perlindungan diri setiap manusia. Sebagai umat Islam sudah seharusnya kita mengimani hal ini dan mengukuhkan hati untuk senantiasa meminta pertolongan kepada Allah dalam setiap urusan di dunia karena hanya Allah satu-satunya Tuhan yang mampu menolong dan melindungi kita dari hal-hal yang buruk. 4 ayat perlindungan diri ini merupakan janji Allah kepada setiap hambanya dan barang siapa yang percaya dan mengamalkannya akan mendapat pertolongan dari Allah SWT.
 
sumber : http://www.kumpulanmisteri.com/2015/12/4-ayat-dalam-al-quran-yang-bermanfaat.html

Tidak ada komentar: