Kamis, Oktober 08, 2015

Beginilah Cara Berbakti pada Orang Tua Setelah Mereka Tiada


Orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka membesarkan, mendidik, dan merelakan banyak hal demi kehidupan anaknya agar lebih baik. Sebagai seorang anak, berbakti kepada orang tua adalah kewajiban yang harus terpenuhi. Namun, bagaimana cara berbakti pada orang tua setelah mereka tiada?
Beginilah Cara Berbakti pada Orang Tua Setelah Mereka Tiada
Bagaimana Cara berbakti pada Orang Tua Setelah Mereka Tiada?
Salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah selain shalat lima waktu adalah berbakti kepada orang tua. Hal itu sudah menjadi kewajiban bagi sang anak. Berbakti kepada orang tua tidak hanya bisa dilakukan ketika mereka masih hidup. Tapi, berbakti kepada orang tua yang telah wafat juga bisa dilakukan. Hal ini memudahkan kita untuk senantiasa memuliakan orang tua meskipun mereka sudah tiada. Inilah 4 cara berbakti kepada orang tua menurut Islam.

1. Mendo’akannya
Terputuslah segala amal manusia setelah mereka meninggal kecuali tiga perkara. Salah satunya adalah doa anak yang sholih dan sholihah. Saat orang tua sudah meninggal, maka sebagai seorang anak bisa mendo’akan mereka agar diampuni segala kesalahannya, diberi kemuliaan di sisi-Nya, dan dilapangkan alam kuburnya. Doa tersebut bisa dipanjatkan kapan saja dan dimana saja. Tapi akan lebih baik jika selalu dipanjatkan setelah sholat lima waktu. Dan untuk masalah tempat, sang anak bisa mendo’akannya tanpa pergi berziarah. Karena tujuan utama ziarah bukanlah untuk berdoa, tapi mengingatkan kita akan kematian agar senantiasa ingat pada Allah.

Selain itu, ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam mendo’akan orang tua kita. Kita tidak diperkenankan untuk mendo’akan orang tua kita apabila mereka meninggal dalam keadaan kafir atau tidak memeluk agama islam. Namun, apabila mereka masih hidup meskipun agamanya bukan islam, kita harus mendo’akan mereka agar mendapat hidayah Allah.

2. Memenuhi janji orang tua
Saat kita mengetahui keinginan-keinginan baik orang tua yang belum terlaksana karena telah dipanggil oleh Allah, maka sebagai anaknya kita harus meneruskan niat baik mereka. Selain sebagai amalan baik untuk kita, tapi juga merupakan amalan baik untuk orang tua kita yang telah tiada. Karena meskipun hanya suatu niat, jika itu niat kebaikan maka sudah dihitung pahala oleh Allah. Sebagai contohnya ketika mereka berkeinginan untuk membangun masjid, maka kita harus berusaha sekeras mungkin untuk melaksanakan keinginan tersebut. Karena hal itu akan menjadi ladang pahala bagi orang tua kita di akhirat.

3. Menjalin silaturrahmi dengan keluarga dan teman-teman orang tua
Salah satu cara berbakti kepada orang tua setelah mereka meninggal adalah menjaga hubungan dengan orang-orang kenalan orang tua kita. Sebagai makhluk sosial, orang tua kita pasti memiliki teman-teman atau tetangga yang sering mereka kunjungi untuk bersilaturrahmi. Saat mereka sudah tiada, bukan berarti silaturrahmi mereka dapat terputus. Sebagai anak yang berbakti, kita harus menjaga hubungan baik tersebut agar menjadi berkah bagi orang tua di akhirat. Misalnya saat hidup, orang tua kita sering mengunjungi pak RT untuk bersilaturrahmi, maka setelah mereka tiada kitalah yang harus menggantikannya.

4. Bersedekah atas nama orang tua
Salah satu amalan yang paling mudah dilakukan adalah sedekah. Saat kita melakukan sedekah, maka niatkanlah sedekah itu untuk orang tua kita jika memang kita menginginkannya. Dengan sedekah itu maka amalan baik akan mengalir ke orang tua kita.

Demikian cara berbakti pada orang tua setelah mereka tiada. Ketiadaan orang tua bukanlah menjadi penghalang bagi kita sebagai anak untuk senantiasa mengirimkan ladang pahala bagi mereka di akhirat. Semoga dengan cara ini dapat menambah amalan baik mereka sehingga memudahkan jalan mereka menuju surga. 
 
 
sumber : http://www.kumpulanmisteri.com/2015/09/beginilah-cara-berbakti-pada-orang-tua.html

Tidak ada komentar: